Extension untuk Refresh Halaman Web Secara Otomatis
Extension untuk Refresh Halaman Web Secara Otomatis

Extension Untuk Refresh Halaman Web Secara Otomatis

Diposting pada 1.494 views

Halo semua! Apakah kamu pernah terus-terusan melakukan refresh pada sebuah halaman web saat menanti informasi terbaru? Misalnya mengakses pengumuman yang tidak menyediakan fitur notifikasi atau langganan email ke pengguna? Jika kamu pernah atau masih sering melakukannya, kamu mungkin bisa instal sebuah browser extension refresh web otomatis agar tak repot-repot refresh manual lagi.. Simak tulisan ini untuk cara instalnya, spesial aku tulis buat kamu nih.. Iya, kamu 😉

Tab Auto Refresh

Tidak berlama-lama, saya ingin memperkenalkan mengenai sebuah extension yang sering saya gunakan ini. Namanya adalah Tab Auto Refresh. Extension ini memungkinanmu untuk refresh web secara otomatis. Kamu bisa mengunjungi laman resminya di sini: Tab Auto Refresh :: MyBrowserAddon

Keunggulan

Setidaknya ada 7 keunggulan yang akan kamu dapatkan dengan extension ini, yaitu:

  1. Memungkinkan Anda dengan mudah mengatur auto reload untuk tab hanya dengan satu klik.
  2. Melakukan muat ulang atau refresh web berdasarkan URL pada tab browser.
  3. Melanjutkan secara otomatis pada startup browser.
  4. Kamu bisa mengatur jeda interval refresh atau reload, dalam rentang waktu 1 hingga 100.000 detik.
  5. Tersedia tombol Stop untuk menghentikan refresh otomatis untuk tab saat ini (tab aktif) saja.
  6. Tersedia tombol Reset dengan fungsionalitas yang sama dengan tombol Stop, namun untuk menghentikan refresh pada semua tab.
  7. Mendukung banyak platform dan juga banyak browser seperti Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, dan juga Microsoft Edge.

Cara Instalasi Tab Auto Refresh

Untuk melakukan instalnya, kamu bisa kunjungi laman resminya ( Tab Auto Refresh :: MyBrowserAddon ). Kemudian pilih browser yang kamu gunakan.

Laman resmi Tab Auto Refresh

Lalu akan tampil halaman untuk menginstal extensionnya. Kamu bisa klik tombol instalnya (berbeda tergantung browser yang kamu gunakan). Contohnya berikut ini adalah halaman yang tampil jika ingin menginstal pada Google Chrome melalui Chrome Web Store. Kamu bisa klik tombol Tambahkan ke Chrome.

Halaman Instal Tab Auto Refresh pada Chrome Web Store

Saya menggunakan Microsoft Edge, sehingga saat saya mengakses halaman Edge Add-ons akan tampil seperti berikut. Klik tombol Get untuk menginstalnya pada Microsoft Edge.

Halaman instal Tab Auto Refresh pada Edge Add-ons

Setelah terinstal, kamu bisa langsung menggunakan extension ini. Pertama, kamu bisa akses halaman web yang ingin kamu refresh otomatis. Lalu buka extensionnya dan akan tampil seperti ini.

Cara Mengatur Jeda Interval di Tab Auto Refresh

Kamu tinggal atur saja jeda intervalnya (kolom yang saya tandai merah). Satuannya dalam detik ya, jadi jika ingin melakukan refresh otomatis tiap 1 menit, maka kamu bisa mengisinya dengan 60. Jika ingin menghentikan refresh otomatisnya, kamu bisa tekan tombol Stop.

Nah itu tadi sedikit mengenai cara instalasi Tab Auto Refresh yang sering saya gunakan. Semoga bermanfaat buat kamu juga ya. Terimakasih sudah membaca 🙂