biasakan save saat mengetik dokumen

Biasakan Sering Save Dokumen Saat Mengetik

Diposting pada 418 views

Hai para pembaca setia SegalaHal!! Setelah seringkali membahas seputar programming , maka pada tulisan ini akan sedikit berbeda. Kali ini saya akan membahas seputar mengetik. Sesuatu yang mungkin terdengar sepele saat mengetik, namun sejatinya tanpa kita sadari hal ini sangatlah penting. Tidak lain dan tidak bukan adalah mengenai kebiasaan save dokumen saat mengetik. Hal ini bertujuan agar dokumen tetap aman saat terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Hal yang Dilakukan Kebanyakan Orang Saat Mengetik Dokumen

Beberapa orang (mungkin termasuk kamu) biasanya cenderung lebih suka untuk mengetik terlebih dahulu keseluruhan dokumen hingga selesai, setelah itu baru melakukan save atau menyimpan dokumennya. Jika kamu adalah tipe orang seperti ini, kamu harus segera mengganti kebiasaan tersebut. Atau jika kamu memiliki teman yang memiliki kebiasaan seperti ini, ada baiknya kamu bagikan tulisan ini kepadanya.

Mengapa?? Karena ada banyak hal buruk yang bisa saja terjadi saat kamu mengetik, dan itu bisa saja membuat dokumen yang kamu ketik menghilang begitu saja seperti ketika Thanos menjentikkan jarinya. Salah satu yang bisa terjadi adalah ketika Microsoft Word yang kamu gunakan tiba-tiba error atau stopped working.

meme ketika mengetik banyak namun ms word stopped working dokumen belum di save

Bukan hanya itu saja kemungkinan buruk yang bisa terjadi loh. Misalnya saja saat kita selesai mengetik dan ingin menutup Microsoft Word dalam keadaan dokumen belum tersimpan. Biasanya kita akan melihat jendela pop-up yang mengkonfirmasi apakah kamu ingin menyimpan dokumen atau tidak.

jendela konfirmasi saat menutup microsoft word saat selesai mengetik dan belum disimpan

Kalau kamu tidak fokus, bisa saja kamu tidak sengaja atau spontan menekan tombol Don’t Save. Hal ini pasti membuat hatimu seketika hancur karena hasil pekerjaan yang kamu ketik tidak tersimpan :’)

Ya, mungkin masih banyak kemungkinan-kemungkinan buruk lainnya yang bisa terjadi dan membuat dokumenmu hilang. Untuk itu, kembali pada inti tulisan ini yaitu saya ingin mengingatkan untuk membiasakan save dokumen.

Baca Juga : Menyelamatkan Dokumen yang Lupa Belum Save di Ms Word

Lalu Seberapa Sering Kita Harus Save Dokumen Saat Mengetik?

Jawaban saya adalah, sesering mungkin. Ya, setidaknya kamu bisa biasakan tekan Ctrl+S atau save dokumennya tiap selesai mengetik beberapa kalimat atau beberapa paragraf.

Menurut saya, praktik mengetik yang baik adalah dengan menyimpan dokumen sesering mungkin. Jadi hal pertama yang bisa kamu lakukan setelah membuat dokumen baru adalah langsung menyimpannya dan memberinya nama file. Setelah itu lakukan pengaturan layout halaman dan style yang akan kamu gunakan, yaitu seperti mengatur ukuran kertas, margin, jenis font, ukuran font, line spacing, dan sebagainya. Lalu lakukan save lagi.

Selanjutnya kamu bisa mulai mengetik. Tiap selesai beberapa kalimat, lakukan save. Selesai satu paragraf, save. Begitu seterusnya hingga selesai.

Malas Save Dokumen?

Jika kamu tidak nyaman dan malas untuk save dokumen saat mengetik di Microsoft Word, maka ada cara lain yang bisa kamu lakukan. Caranya adalah dengan mengetik secara online, misalnya dengan Google Dokumen.

Dengan mengetik di Google Dokumen, maka setiap kamu mengetik akan otomatis selalu tersimpan dengan aman di Google Drive. Kamu hanya perlu menyiapkan koneksi internet yang stabil dan juga akun Google untuk melakukan hal ini.

Sekian dulu tips yang bisa saya berikan kali ini, jika kamu punya tips atau pendapat lain silakan tulis di kolom komentar ya.. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *