Cara Mengubah Theme di Google Colab jadi Dark Mode

Mengubah Theme Google Colab, Bisa Dark Mode!

Diposting pada 831 views

Halo semua! Pernah ngga sih kamu ngoding berlama-lama menggunakan Google Colab, apalagi dengan mengaktifkan light mode? Theme light mode membuat matamu silau? Tenang, kamu bisa Mengubah Theme Google Colab kok, ada versi dark mode yang bisa kamu terapkan. Simak cara berikut ini ya.

Ganti ke Dark Mode, Sekarang!

meme lebih memilih theme dark mode google colab

Lah, penulis kok ngatur banget? Ya, sebenarnya saya tidak memaksa juga sih, tergantung selera masing-masing, hehe. Namun sudah selayaknya sebagai programmer kita cenderung lebih nyaman menggunakan dark mode pada text editor maupun IDE yang kita gunakan saat bekerja (seperti kebanyakan programmer pada umumnya). Karena menurut saya, mata akan cepat perih ketika menatap layar dengan cahaya light mode yang menyilaukan. Setuju ngga?

Sekilas Mengenai Google Colab

Google Colab atau Google Colaboratory ( https://colab.research.google.com ) adalah suatu tools (alat) berbasis cloud dan gratis (ada versi berbayarnya juga) untuk tujuan penelitian. Google Colab sebenarnya mirip seperti Jupyter Notebook, hanya saja untuk mengaksesnya menggunakan internet ( secara online). Kamu bisa bereksperimen dengan bahasa pemrograman Python serta belajar membuat model machine learning menggunakan tools ini.

Nah, bagi kamu yang baru menggunakan Google Colab maka secara default theme yang aktif adalah light mode. Namun jangan khawatir, Google Colab menyediakan dark mode juga.

Lalu bagaimana cara mengubah theme Google Colab ini? Simak langkah-langkah berikut.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Google Colab

Untuk mengaktifkan tema gelap atau dark mode pada Google Colab ini caranya sangat mudah. Pertama, kamu perlu masuk ke Google Colab menggunakan akun Google kamu. Setelah itu bukalah sebuah notebook Kamu bisa membuat notebook baru atau membuka notebook yang sudah ada.

Kemudian arahkan pointer mouse ke Tools , dan pilih menu Settings.

memilih menu setting untuk mengubah theme Google Colab

Lalu akan muncul jendela pop-up Settings seperti berikut. Kamu bisa arahkan ke Site. Perhatikan, pada menu ini ada pilihan untuk mengatur Theme. Klik pada tanda panah ke bawah (dropdown) dan kamu bisa mengubahnya menjadi dark. Jangan lupa untuk menyimpan perubahannya dengan menekan tombol Save ya.

memilih theme Google Colab

Voila!! Sekarang tampilan Google Colab kamu telah berubah menjadi dark mode. Beginilah kira-kira penampakan Google Colab dengan dark mode.

dark mode pada Google Colab

Jadi bagaimana? Lebih adem saat ngoding pakai dark mode? Atau kamu lebih nyaman menggunakan light mode? Kamu tim dark mode atau light mode nih? Komen di bawah ya!!

Sekian dulu tulisan kali ini ya.. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *