Download Dataset dari Kaggle di Google Colab

Download Dataset dari Kaggle di Google Colab

Diposting pada 4.675 views

Simpan Token API Kaggle ke Google Drive

Hal ini bisa kamu lakukan agar ketika kamu membutuhkan kembali berkas kaggle.json tidak perlu upload dari laptop atau komputer, melainkan bisa langsung mengambilnya dari Google Drive.

Kamu bisa menghubungkan notebooknya ke Google Drive terlebih dahulu dengan klik folder dengan icon Google Drive di panel Files.

menghubungkan ke Google Drive

Kemudian akan muncul peringatan untuk meminta izin agar notebookmu dapat terhubung dan mengelola data-data di Google Drive. Kamu bisa pilih Connect to Google Drive.

mengizinkan akses ke Google Drive

Setelah itu tunggu beberapa saat dan kamu bisa melihat bahwa kini ada sebuah folder bernama drive yang muncul. Folder tersebut berisi data-data dari Google Drive yang berhasil terhubung.

Google Drive berhasil terhubung ke notebook

Selanjutnya kamu bisa tulis dan jalankan kode berikut ini untuk membuat sebuah folder baru di Google Drive dan menyalin berkas kaggle.json ke dalam folder tersebut. Sebenarnya pembuatan folder baru ini bersifat opsional, kamu bisa meletakkan berkasnya tanpa memasukkan ke folder baru. Namun agar data-data di Google Drive jadi lebih rapi maka tidak ada salahnya saya membuatkan folder baru. Pada contoh ini saya menamai foldernya dengan SegalaHalToken.

!mkdir /content/drive/MyDrive/SegalaHalToken
!cp kaggle.json /content/drive/MyDrive/SegalaHalToken/

Setelah kamu menjalankan kode tersebut maka berkas kaggle.json akan ter-copy ke Google Drive (kamu bisa memastikannya dengan masuk ke Google Drive, atau menjelajahi Files).

Karena sudah ter-copy, maka kamu tidak memerlukan lagi 2 baris kode di atas, kamu bisa menghapusnya saja ya.

Selanjutnya sesuaikan 3 baris kode pertama yang sudah kita tuliskan sebelumnya. Kamu perlu ubah menjadi seperti berikut ini:

!mkdir -p ~/.kaggle
!cp /content/drive/MyDrive/SegalaHalToken/kaggle.json ~/.kaggle/
!chmod 600 /root/.kaggle/kaggle.json

Sekarang keseluruhan kode nampak seperti berikut dan bisa kamu jalankan ketika kamu membutuhkan berkas token API Kaggle tersebut.

Kode akhir yang sudah dibuat

Dengan begitu, kini kamu sudah tidak perlu mengupload berkas kaggle.json ke notebooknya.

Sekian tutorial dan tips di tulisan ini, terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *