Download Dataset dari Kaggle di Google Colab

Download Dataset dari Kaggle di Google Colab

Diposting pada 4.785 views

Halo semua!! Dalam tulisan ini saya ingin berbagi tips untuk kamu yang sedang mengulik tentang data atau belajar membuat model machine learning, khususnya jika memakai dataset dari Kaggle dan ingin kamu olah menggunakan Google Colab. Apakah sebelumnya kamu terbiasa dengan melakukan download dataset terlebih dahulu di laptop, kemudian kamu upload lagi ke Google Colab? Jika kamu masih melakukan hal itu, maka percayalah, tips berikut ini akan lebih mempermudah hidupmu 🙂

Mengapa Kamu Harus Melakukan Ini?

Oke, mungkin sampai di sini kamu masih bertanya-tanya. “Apakah salah dengan melakukan download dataset manual dari Kaggle di laptop terlebih dahulu? Bukankah itu sah-sah saja? Mengapa aku harus mengikuti tutorial dalam tulisan ini?”. Ya, memang tidak ada salahnya kok.

Kamu bebas untuk mendownload dataset dari Kaggle dengan cara apapun, misalnya dengan download ke laptop atau komputer dulu seperti yang sudah kamu lakukan. Namun perlu kamu sadari bahwa cara ini tidaklah efisien.

Melakukan hal tersebut sama saja bekerja dua kali, yaitu untuk proses mendownload, lalu mengupload lagi. Saat kamu keluar dari Google Colab, datasetnya yang kamu upload pasti akan terhapus, sehingga saat ingin membuka Google Colab lagi maka kamu harus menguploadnya kembali. Jika datasetnya memiliki ukuran kecil mungkin dampaknya tidak terasa. Namun bagaimana jika datasetnya berukuran besar? Sungguh merepotkan bukan?

Untuk itulah melalui tulisan ini saya ingin berbagi terkait cara yang lebih mudah untuk mendownload dataset dari Kaggle ke Google Colab menggunakan Token API. Sudah siap? Yuk kita mulai! Geser ke halaman selanjutnya ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *