konsep-perulangan-python

Python (Part 7) – Perulangan

Diposting pada 477 views

Selamat datang kembali untuk belajar Python bersama SegalaHal.com. Setelah sebelumnya kita mempelajari mengenai konsep penyeleksian kondisi, maka sekarang kita akan melanjutkan belajar mengenai konsep perulangan menggunakan Python dan mengapa penting untuk mempelajarinya.

Memahami Perulangan

Dari pengertian yang saya ambil dari artikata.com , Looping (computer science) : executing the same set of instructions a given number of times or until a specified result is obtained. Dari pengertian tersebut, kira-kira artinya adalah mengeksekusi instruksi yang sama beberapa kali atau hingga mendapatkan hasil yang sesuai.

Singkatnya, perulangan adalah proses yang terjadi berulang-ulang atau lebih spesifiknya dalam dunia pemrograman adalah proses yang terus berulang ketika memenuhi kondisi tertentu. Mungkin sampai sini teman-teman ada yang bingung dan terbersit sebuah pertanyaan: Bukankah mengulangi sesuatu itu tidak efektif dan tidak efisien?

Ya, memang tidak salah. Mengulangi sesuatu terkadang memanglah tidak efektif dan tidak efisien. Namun, ada banyak kasus juga ketika kita harus menerapkan konsep looping ini. Misalnya saja alarm tanda bahaya di gedung atau perkantoran akan terus berbunyi berulang-ulang jika ada kebakaran atau suatu bahaya yang terdeteksi. Ini juga termasuk implementasi looping loh!

Terus itu tombol alarm dipencet berkali-kali atau gimana ya? Dibayar berapa itu pegawainya? Kasian dong kalo ada bahaya yang terjadi malah suruh mencet tombol?😱

Di sinilah konsep looping bekerja untuk membuat sistem atau program yang lebih efisien dalam mengulangi sesuatu. Kalau masih harus memencet tombol secara manual itu berarti belum menerapkan looping dengan baik ya. Masih bingung? Oke silakan lanjut saja bacanya 😁

Jenis Perulangan Pada Python

Dengan menggunakan Python, kita dapat menerapkan dua jenis looping, yaitu for dan while. Lalu apa perbedaan keduanya?

For

Penggunaan for loop biasanya untuk mengulang sesuatu yang sudah tahu jumlah atau batas iterasinya. Contohnya adalah ketika ingin membunyikan kentongan sebagai penunjuk waktu. Dulu di dekat rumah saya setiap beberapa jam sekali selalu membunyikan kentongan. Jadi jika misalnya saat ini pukul 12, maka warga akan mendengar bunyi kentongan 12 kali. Nah jadi kali ini kita akan coba mengulang-ulang suara kentongan dengan fungsi print().

Pertama, kita coba tanpa menggunakan konsep perulangan. Bisa kita lakukan dengan melakukan pencetakan secara manual 12 kali seperti berikut.

print("Tok..!")
print("Tok..!")
print("Tok..!")
print("Tok..!")
print("Tok..!")
print("Tok..!")
print("Tok..!")
print("Tok..!")
print("Tok..!")
print("Tok..!")
print("Tok..!")
print("Tok..!")

Hasilnya akan seperti ini.

Hasil perulangan tanpa menggunakan for loop

Nah sekarang mari kita hapus seluruh kode sebelumnya lalu ketikkan kode berikut ini.

for i in range(12):
    print("Tok..!")

Tampilan output program akan sama dengan yang sebelumnya, tidak ada yang berbeda. Namun, kini penulisan kode menjadi lebih simpel dan efisien.

Fungsi range() berguna untuk menentukan jangkauan atau dalam hal ini adalah banyak pengulangan yang akan dilakukan. Pada kode tersebut kita hanya memberi sebuah parameter sebagai nilai akhir. Perulangan akan berjalan dari nilai awal 0 (default) hingga satu angka sebelum nilai akhir (n-1). Sedangkan variabel i berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara nilai dari range yang sedang diulang-ulang itu. Nama variabel ini bebas tidak harus i dan terserah teman-teman saja. Untuk melihat nilai dari variabel ini bisa ubah kodenya lagi seperti berikut ini lalu jalankan.

for i in range(12):
    print("Tok..!", i)
melihat nilai variabel i

For Loop biasanya juga bisa untuk menampilkan isi list atau bisa juga untuk menguraikan string. Berikut adalah contoh kodenya.

# Menampilkan list
mahasiswa = ["Yusuf", "Viki", "Zaelani"]

for nama in mahasiswa:
    print("Ada mahasiswa bernama "+nama)


# Menguraikan string
for x in "SegalaHal":
    print(x)

Hasil outputnya adalah sebagai berikut.

penggunaan for loop untuk menampilkan isi list dan menguraikan string

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *