python part 6 seleksi kondisi

Python (Part 6) – Seleksi Kondisi

Diposting pada 1.254 views

Di tulisan ini, kita akan membahas mengenai seleksi kondisi menggunakan Python. Pastikan teman-teman sudah membaca terlebih dahulu tulisan-tulisan sebelumnya, terutama mengenai penggunaan operator pada Python. Karena pada seleksi kondisi akan menerapkan operator, utamanya adalah operator perbandingan dan operator logika. Dan sebenarnya kita juga sudah menyinggung sedikit mengenai hal ini saat menggunakan operator ternary.

Seleksi Kondisi Menggunakan Python

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud seleksi kondisi? Seleksi kondisi atau disebut juga percabangan adalah proses menentukan apa yang akan dilakukan berdasarkan terpenuhi atau tidaknya suatu kondisi. Dengan seleksi kondisi, kita bisa memastikan bahwa program menjalankan suatu perintah tertentu jika memenuhi kondisi yang kita inginkan.

Terdapat 4 macam bentuk seleksi kondisi menggunakan Python. Diantaranya yaitu:

  1. if
  2. if – else
  3. if – elif – else
  4. Nested If

Apa yang membedakan ke-empat bentuk tersebut? Mari kita kenali lebih dalam pada penjelasan berikut.

Bentuk if

Ini adalah bentuk yang paling sederhana dari seleksi kondisi. Dengan menggunakan if, kita ingin program melakukan sesuatu jika satu kondisi terpenuhi dan jika tidak, maka program tidak akan melakukan apa-apa. Untuk lebih jelasnya, coba simak kasus berikut.

Budi ingin membuat program yang dibuat khusus untuk gebetannya yang bernama Caca. Budi ingin program tersebut dapat menampilkan ucapan ulang tahun kepada Caca disaat hari ulang tahunnya, yaitu 9 Agustus.

ultah_caca = "9 Agustus"
tgl_sekarang = "9 Agustus"

if tgl_sekarang == ultah_caca:
    print("Selamat ulang tahun, Caca!!")

Kode di atas adalah solusi sederhana dari kasus yang sedang dikerjakan oleh Budi. Pada baris pertama, kita definisikan variabel ultah_caca yang menampung tanggal ulang tahun Caca. Kemudian pada baris selanjutnya kita definisikan variabel tgl_sekarang yang menampung tanggal saat ini. Kemudian pada baris 4 kita bandingkan isi dari kedua variabel apakah sama? Atau bisa kita baca dengan: Apakah tanggal sekarang ini sama dengan tanggal ulang tahun Caca? Jika jawabannya adalah Ya atau dalam hal ini kondisi bernilai True, maka blok yang berada di bawahnya akan dijalankan. Perlu diingat dan diketahui, blok ini harus memiliki jarak 4 spasi dan boleh lebih dari 1 baris. Seperti pada kode di atas, blok yang akan dieksekusi hanya terdapat satu baris yaitu baris ke 5. Baris ini akan mencetak ucapan “Selamat ulang tahun, Caca!!” seperti tampilan berikut ini.

layar menampilkan ucapan selamat ulang tahun

Bagaimana jika sekarang bukan tanggal 9 Agustus? Untuk mengetahui hal tersebut, sekarang kita coba ubah nilai variabel tgl_sekarang, misalnya disini saya ganti menjadi 5 Maret.

tgl_sekarang = "5 Maret"

Kemudian simpan program dan jalankan. Maka output akan kosong dan tidak menampilkan apapun seperti screenshot di bawah ini. Lalu kenapa bisa begitu?

layar tidak menampilkan apapun

Program tidak menampilkan apapun karena kondisi yang kita tulis pada perintah if tidak terpenuhi atau bernilai False. Hal ini mengakibatkan program langung keluar dari if dan tidak mengeksekusi baris ke-5.

Sampai di sini kita telah berhasil membantu Budi membuat program yang dapat menampilkan ucapan ulang tahun pada Caca. Sekarang kita akan coba buat lebih interaktif dengan menggunakan fungsi input. Fungsi ini berfungsi meminta input kepada pengguna. Pada kasus ini, input dapat digunakan untuk meminta pengguna mengisikan tanggal sekarang. Perhatikan baris ke-2 program yang telah kita buat, lalu perbarui dengan kode berikut.

tgl_sekarang = input("Sekarang tanggal berapa? ")

Sehingga kode keseluruhan menjadi seperti ini.

ultah_caca = "9 Agustus"
tgl_sekarang = input("Sekarang tanggal berapa? ")

if tgl_sekarang == ultah_caca:
    print("Selamat ulang tahun, Caca!!")

Jika kita jalankan, maka kira-kira tampilannya adalah seperti berikut.

layar meminta input tanggal dan menampikan ucapan ulang tahun

Nah, program yang kita buat jadi lebih menarik bukan?

Bentuk if – else

Program yang sudah dibuat sebelumnya memang berjalan sesuai dengan keinginan Budi. Namun, setelah Budi melihat hasil output dari program tersebut, Ia masih merasa kurang pas. Saat tanggal sekarang bukan tanggal ulang tahun Caca, layar tidak menampilkan apapun. Budi khawatir Caca akan bingung saat Caca tidak melihat apapun di layar. Untuk itu Budi ingin program menampilkan sesuatu juga saat kondisi tidak terpenuhi.

Dengan menggunakan bentuk if-else memungkinkan Budi untuk melakukan hal tersebut. Jika kondisi pada if terpenuhi, maka blok di bawahnya akan dieksekusi. Namun jika ternyata tidak terpenuhi, maka program akan mengeksekusi blok perintah else. Mari kita buat file baru dan ketikkan kode berikut ini.

ultah_caca = "9 Agustus"
tgl_sekarang = input("Sekarang tanggal berapa? ")

if tgl_sekarang == ultah_caca:
    print("Selamat ulang tahun, Caca!!")
else:
    print("Semoga harimu indah")

Dari kode di atas, kita dapat lihat pada baris 6 terdapat else dan di bawahnya terdapat fungsi print untuk mencetak teks “Semoga harimu indah”. Sehingga ketika program dijalankan dan tidak memenuhi kondisi yang ditentukan, maka akan mengeksekusi blok else tersebut. Berikut adalah tangkapan layar setelah program dijalankan.

layar mengeksekusi blok perintah else

Nah, dengan menerapkan if-else, program Budi sekarang menjadi lebih baik dan tidak menampilkan layar kosong lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *