penggunaan operator python

Python (Part 5) – Penggunaan Operator

Diposting pada 896 views

Operator Ternary

Operator Ternary bisa disebut dengan ekspresi kondisional yang akan mengecek terlebih dahulu suatu kondisi True atau False. Dengan menggunakan operator ternary, memungkinan kita untuk menuliskan percabangan (if-else) dalam satu baris saja. Simak contoh kode percabangan berikut. (Selengkapnya mengenai percabangan akan dibahas pada tulisan terpisah)

a = 2
if a==2:
    print("Dua")
else:
    print("Bukan dua")

Kode di atas akan mengecek terlebih dahulu nilai dari variabel a menggunakan percabangan tanpa operator ternary. Jika a bernilai 2, maka program akan mencetak “Dua”, selain itu program akan mencetak “Bukan dua”. Pada baris pertama a diberi nilai 2 sehingga kondisi akan bernilai True dan program mencetak “Dua” seperti berikut.

output program contoh_percabangan.py

Lalu bagaimana jika kita tulis ulang kode di atas dengan menggunakan operator ternary? Coba simak kode di bawah ini.

a = 2
print("Dua" if a==2 else "Bukan Dua")

Dengan menggunakan operator ternary atau ekspresi kondisional, kode sebelumnya dapat ditulis menjadi satu baris saja. Menarik bukan? Jika kode tersebut dijalankan maka akan menghasilkan output yang sama seperti berikut.

output program operator_ternary.py

Nah itu tadi contoh-contoh penggunaan operator pada Python. Sekian dulu tulisan kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di tulisan selanjutnya: Python (Part 6) – Seleksi Kondisi.

Note: Contoh-contoh maupun tabel operator yang disajikan dalam tulisan masih jauh dari kata sempurna. Mungkin ada banyak operator yang belum tercantum di tulisan ini. Saya sadar akan itu, karena saya menulis ini berdasarkan operator yang sering saya pakai dalam belajar Python. Untuk itu saya sertakan link referensi web yang saya kira cukup lengkap membahas operator. Silakan cek link dibawah ini yak. Selebihnya silakan riset lebih lanjut di Google dan sering-seringlah mempraktekkan kode. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *