penggunaan operator python

Python (Part 5) – Penggunaan Operator

Diposting pada 898 views

Jadi operator-operator tersebut akan ‘memperbarui’ nilai variabel sekaligus melakukan operasi lainnya (dalam contoh di atas adalah operasi penjumlahan, pengurangan dan perkalian). Jika diuraikan tanpa operator assignment, maka kode akan sedikit lebih panjang. Simak kode berikut untuk lebih jelasnya.

a = 5
a = a + 1 
# Output: 6
# Hasilnya sama dengan a += 1

b = 10
b = b - 1 
# Output: 9
# Hasilnya sama dengan b -= 1

c = 2
c = c * 3 
# Output: 6
# Hasilnya sama dengan c *= 3

Nah, setelah diuraikan seperti kode di atas jauh lebih mudah dipahami bukan? Dari kode tersebut membuktikan bahwa penggunaan operator assignment akan lebih mempersingkat kode.

Operator Bitwise

Bitwise digunakan untuk menangani operasi yang berhubungan dengan blangan biner. Lalu apa itu bilangan biner?

Bilangan biner (binary) adalah bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1. Jika tipe data yang digunakan untuk bitwise bukan bilangan biner, maka operator ini otomatis mengkonversi bilangan tersebut menjadi bilangan biner.

Operator ini sangat jarang digunakan. Selain karena rumit, operator ini hanya diperlukan untuk memproses bit-bit komputer. Untuk itu pada tulisan ini saya mungkin hanya membahas sekilas saja dan tidak terlalu membahas secara mendalam. Hehe..

Simbol OperatorKeterangan
&AND
|OR
^XOR
~NOT
<<Left Shift
>>Right Shift

Sebelum menuju contoh penggunaan bitwise, kita coba melihat bagaimana bentuk bilangan biner. Pada kode di bawah ini kita coba konversikan bilangan desimal 10 dan 12 menjadi bilangan biner dengan fungsi bin()

a = 10
b = 12

print("Bilangan",a,"jika dikonversi ke biner menjadi",bin(a))
print("Bilangan",b,"jika dikonversi ke biner menjadi",bin(b))

Jika dijalankan akan memunculkan output seperti berikut.

output program konversi desimal ke biner

Dari tampilan tersebut, bilangan desimal 10 setelah dikonversi menjadi biner adalah 0b1010. Awalan 0b menyatakan tipe data bilangan biner. Bilangan biner sesungguhnya dari desimal 10 adalah 1010. Begitu juga dengan bilangan desimal 12 menjadi 1100 setelah dikonversi menjadi biner. Selanjutnya kita coba penggunaan operator bitwise pada Python dengan menggunakan dua bilangan tersebut.

a = 10
b = 12

print("Bilangan",a,"jika dikonversi ke biner menjadi",bin(a))
print("Bilangan",b,"jika dikonversi ke biner menjadi",bin(b))
print()

# Operator Bitwise
print(a,"&",b,"=",a&b)
print(a,"|",b,"=",a|b)
print(a,"^",b,"=",a^b)
print("~",a,"=",~a)
print("~",b,"=",~b)
print(a,"<< 1 =",a<<1)
print(b,"<< 1 =",b<<1)
print(a,">> 1 =",a>>1)
print(b,">> 1 =",b>>1)
output program operator bitwise

Setelah muncul outputnyam sekilas hasilnya berupa angka random dan tidak masuk akal bukan? Mari kita coba bedah salah satu contoh tersebut dengan menampilkan bilangan dalam bentuk biner. Kali ini saya mengubah baris 9 untuk mengetahui apa yang sbenernya terjadi dengan operator bitwise AND. Ubah kode baris 9 menjadi seperti berikut, lalu jalankan.

print( bin(a), "&", bin(b), "=", bin(a&b) )
contoh penggunaan bitwise and yang ditampilkan dalam biner

Bitwise AND akan memproses kedua bit, dan hanya akan mengembalikan 1 jika kedua bit sama-sama bernilai 1. Mari kita tinjau bilangan biner 1010 dan 1100 di atas. Keduanya hanya memiliki bit sama-sama 1 di bit pertama saja.

1010 & 1100 = 1000

Nah, sekarang jadi lebih masuk akal bukan? Bilangan biner 1000 jika dikonversikan ke desimal menjadi 8. Sehingga didapatkan hasil akhir 10 & 12 = 8. Konsep ini jadi mirip dengan operator logika, tapi sejatinya kedua operator ini berbeda. Selengkapnya mengenai operator bitwise bisa kamu baca di tulisan Mr. Mohit Sethi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *