Python (Part 3) – Hello World!

Diposting pada 454 views

Kali ini kita akan membuat program Hello World dengan Python. Apa itu Hello World? Eits, sebelum melanjutkan membaca tulisan part 3 ini, pastikan teman-teman semua telah berhasil melakukan instalasi dulu ya. Jika ada yang belum melakukan instalasi atau belum berkenalan dengan Python, silakan teman-teman ikuti dulu tulisan sebelumnya yang berjudul Python (Part 2) – Instalasi Python.

Pada tulisan ini kita akan mencoba menjalankan program yang sangat sederhana yaitu Hello World dengan python yang telah kita instal sebelumnya. Lalu apa itu Hello World? Mungkin alangkah lebih baik kita ulas sedikit tentang program Hello World ini.

Tentang Hello World!

Sebenarnya jika teman-teman telah membaca tulisan Python (Part 1) – Mari Berkenalan dengan Python! , pasti sudah tak asing dengan program Hello World ini. Pada tulisan tersebut, saya menampilkan kode dari beberapa bahasa program yang menampilkan output teks yang terdiri dari dua kata saja, yaitu Hello World. Ya, sesimpel itulah program Hello World, hanya untuk menampilkan Hello World di layar.

Pada umumnya, tulisan tentang tutorial pemrograman pasti memuat Hello World. Lalu siapa yang mengenalkan Hello World ini? Kapan pertama kali Hello World ini diperkenalkan?

brian kernighan pencetus hello world

Dikutip dari WikiPedia, orang yang pertama kali memperkenalkan Hello World adalah Brian Kernighan. Tepatnya pada tahun 1972, beliau menuliskan program Hello World sebagai contoh dalam dokumentasi bahasa pemrograman BCPL (Before C Programming Language) atau dikenal juga dengan bahasa B. Beliau juga menuliskan kembali Hello World pada dokumentasi bahasa pemrograman C yang diterbitkan pada tahun 1974. Sejak saat itu, Hello World semakin populer hingga saat ini.

Nah, setelah mengetahui sekilas tentang Hello World, mari kita mempersiapkan tools yang akan digunakan agar dapat menjalankan Hello World juga di komputer kita.

Menuliskan Program

Jika sudah mengikuti tulisan-tulisan sebelumnya, ketika tombol Windows pada keyboard ditekan, akan ada 4 aplikasi baru di bagian Recently Added. Kalau tidak ketemu, coba ketikkan ‘Python‘ di kolom pencarian.

aplikasi yang telah terinstal untuk menjalankan hello world

Di sini kita akan memakai IDLE (Integrated Development and Learning Environment) untuk menuliskan dan menjalankan script python kita. Berikut adalah tampilan IDLE, sekilas tidak terlalu berbeda jauh dengan CMD bukan? Coba ketikkan kode dibawah ini untuk menampilkan Hello World.

print('Hello World!')
hello world idle

Jika di CMD, kita harus jalankan perintah python terlebih dahulu seperti pada gambar berikut ini.

hello world cmd

Namun perbedaannya yaitu dengan menggunakan IDLE kita dapat membuka teks editor untuk membuat file baru yang berisi script yang akan dijalankan. Caranya yaitu dengan klik File, kemudian pilih New File.

membuat file baru

Kemudian setelah teks editornya terbuka, kita bisa mengetik beberapa baris sekaligus. Jangan lupa simpan dulu file-nya dengan ekstensi .py sebelum dapat dijalankan .

menulis file python hello world

Untuk menjalankannya klik Run, kemudian pilih Run Module. Untuk langkah cepatnya dapat menekan tombol F5 pada keyboard. Hasilnya akan tampil seperti berikut ini.

output program hello world dari file

Nah, mudah bukan? Setelah membaca tulisan ini silakan bereksperimen untuk menampilkan output bebas apa saja di layar. Selamat bersenang-senang dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya : Python (Part 4) – Variabel, Tipe Data & Operator.

2 komentar.

    1. terimakasih sudah mengikuti seri tulisan ini.. ditunggu sebentar ya hehe. Saya usahakan dalam waktu dekat akan segera saya lanjutkan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *