Python (Part 2) – Instalasi Python

Diposting pada 425 views

Pada tulisan pertama mengenai Python, kita telah berkenalan dengan Python.. Jika ada yang belum berkenalan, silakan baca terlebih dahulu di Python (Part 1) – Mari Berkenalan biar makin kenal dan makin sayang sama si Python ini 😆 Kali ini saya akan lanjutkan mengenai cara instalasi Python agar bisa dijalankan di komputer.

Ada banyak cara untuk menjalankan python. Bisa dengan menginstal python itu sendiri, bisa dengan install toolkit yang sudah sangat lengkap seperti Anaconda, atau bahkan bisa dengan langsung running secara online dengan Google Collab , Trinket, dan lain-lain.

Download dan Instalasi Python

Pada tulisan ini, saya akan menunjukkan cara instalasi Python versi 3.9 di Windows. Untuk instalasi versi-versi python yang lain (jika ada yang lebih baru) mungkin tidak akan berbeda jauh.

  1. Untuk melakukan instalasi Python, sebelumnya bisa download terlebih dahulu instalernya di https://www.python.org/downloads/ lalu sesuaikan dengan sistem operasi yang kalian pakai.
laman resmi python
  1. Saat muncul dialog download, pilih Save File
jendela download
  1. Double-click pada file hasil download tersebut. Kemudian akan muncul jendela instalasi seperti dibawah ini. Lalu centang pada bagian Add Python 3.9 to PATH. Setelah itu pilih Install Now dan tunggu proses instalasi hingga selesai
setup instalasi python
  1. Setelah berhasil, maka jendela instalasi akan menampilkan pesan seperti berikut
berhasil instal python

Cek Python di Terminal Command Prompt

Setelah berhasil melakukan instalasi seperti pada langkah-langkah di atas, maka sebaiknya kita cek apakah bisa dijalankan di terminal Command Prompt atau CMD.

Untuk membukan CMD, tekan tombol Windows pada keyboard bersamaan dengan R, kemudian ketikkan cmd, lalu klik OK atau tekan Enter

jendela run

Setelah CMD terbuka, jalankan perintah di bawah ini

python -V

Perintah tersebut berfungsi untuk menampilkan versi Python yang telah terinstal. Jika python telah terinstal dengan baik, maka akan ditampilkan seperti berikut dan python dapat digunakan di CMD!! Yeayy!!

tampilan versi python di cmd

Namun, jika pada command prompt justru menampilkan pesan ‘python’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file, maka kalian harus menambahkan path terlebih dahulu.

Menambahkan PATH di System Environment Variables (Windows)

Jika pada CMD tidak dapat menjalankan Python dan menunjukkan error seperti di atas, mungkin langkah-langkah berikut dapat memperbaikinya. Namun jika sudah tidak menunjukkan error pada CMD,maka tidak perlu lagi melakukan prosedur di bawah ini.

  1. Tekan tombol Windows pada keyboard atau klik icon Windows pada taskbar, kemudian ketikkan environment variables pada kolom pencarian
hasil pencarian environment variables
  1. Dalam daftar hasil pencarian, pilih Edit the system environment variables seperti pada gambar di atas.
  2. Kemudian klik tombol Environment Variables
jendela system properties
  1. Kemudian muncul jendela Environment Variables seperti yang ditunjukkan gambar berikut. Lalu pada kolom System variables, double-click variabel Path
environment variable
  1. Setelah muncul daftar path, klik tombol New dan masukkan dua path baru yaitu C:\Users\<nama user>\Local\Programs\Python\Python39 dan C:\Users\<nama user>\Local\Programs\Python\Python39\Scripts . Nama usernya sesuaikan dengan laptop kalian.
tambah path di environment variables
  1. Jika sudah, simpan dengan klik OK lalu buka kembali CMD dan coba ketikkan lagi perintah untuk menampilkan versi seperti yang sudah ditunjukkan pada bagian instalasi di atas.

Nah, bagaimana? Mudah bukan? Setelah selesai dan berhasil mengikuti langkah-langkah instalasi di atas, maka saya ucapkan SELAMAT! Semoga bisa semakin akrab dengan Python kedepannya. Selanjutnya : Python (Part 3) – Hello World!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *