Cara Mengetahui IP Address dan Lokasi Responden Quiz Google Form

Diposting pada 30.460 views

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat tugas kuliah untuk membuat quiz menggunakan Google Form, nah dalam tugas itu juga saya disuruh untuk bisa mengetahui IP Address dan lokasi dari responder quiz Google Form. Awalnya saya sangat kebingungan, bagaimana tidak! Setelah saya mencari sana-sini, mencari dari youtube, artikel di google, stackoverflow sampai ke support yang disediakan oleh google ternyata memang Google Form tidak menyediakan fitur untuk mengetahui IP Address maupun lokasi dari responder, bahkan plugin yang menyediakan fitur seperti itu pun belum ada. Nah lengkap sudah kan kebingungan saya.

Tapi saya masih penasaran, saya berfikir tidak mungkin juga kan dosen memberi saya tugas yang tidak bisa dikerjakan? Akhirnya saya mencari referensi lagi dan akhirnya ketemu juga caranya. Disini saya akan memanfaatkan fitur lain yang disediakan oleh Google yaitu Google Script Editor.

Lalu, bagaimana cara mengetahui IP Address dan lokasi responder quiz Google Form menggunakan Google Script Editor? Simak langkah-langkahnya.

Langkah pertama, kalian perlu membuat Google Form terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian bisa membuat form sederhana seperti gambar dibawah.

Contoh form sederhana

Kemudian pada tab “Responses” kalian buat file spreadsheet dari respon form tersebut, caranya dengan mengklik ikon spreadsheet. kemudian klik “Create” pada dialog.

Selanjutnya kalian akan diarahkan ke halaman Google Spreadsheet. Disitu kalian buat sheet baru dengan nama “Info Responder” atau nama lain yang kalian inginkan. Kemudian kalian buat kolom seperti gambar dibawah.

Kolom pada sheet “Info Responder”

Disini saya membuat sheet baru untuk IP dan lokasi responder karena jika saya menjadikan satu dengan sheet “Form Responses 1” kemungkinan akan tertukar antara IP dan hasil respon, karena disini nantinya IP Address dari responder akan tercatat lebih dulu ke dalam sheet sebelum responder mensubmit jawaban. Nah untuk mengatasinya maka saya membuat sheet baru dan membuat kolom Unique ID untuk mencocokkan antara hasil dari respon dan IP Addressnya.

Nah langkah selanjutnya, masih di halaman spreadsheet kalian klik menu “Tools –> Script Editor”.

Kalian akan diarahkan ke halaman Script Editor Google seperti gambar dibawah.

Script Editor Google

Kemudian kalian hapus semua code yang ada disana dan kalian save project. selanjutnya copy paste code dibawah ini ke file Code.gs

Jika sudah, maka ganti baris code ke 34. Ganti tulisan “Paste URL DISINI” dengan url spreadsheat kalian tadi. Cara mendapatkan urlnya yaitu dengan klik tombol “Share” pada spreadsheer dan klik “Get Shareable Link” dan copy urlnya. Jangan lupa juga untuk mengganti baris code ke 36, ganti tulisan “NAMA SHEET” dengan nama sheet kalian atau kalau saya menggunakan nama sheet “Info Responder” kemudian save.

Kembali ke Google Script Editor, buat file baru dengan cara klik menu “File –> New –> HTML File” kemudian beri nama Index.

Buat file HTML baru dengan nama Index

Kemudian copas code dibawah ke dalam file Index yang baru dibuat. Jangan lupa mengganti baris code ke 19 pada attribut href dengan link/url dari Google Form kalian.

Jika semua sudah dilakukan, maka pada halaman Google Script Editor klik menu “Publish –> Deploy as webapp…” dan atur seperti gambar dibawah selanjutnya klik Deploy.

Dialog Deploy as webapp

Jika muncul dialog “Authorize Required” klik saja Review Authorize. Pilih akun google yang kalian gunakan dan klik Allow. Jika sudah kalian akan mendapatkan link yang dapat diakses seperti gambar dibawah. Copy link tersebut dan coba akses melalui browser.

URL WebbApp

Setelah kalian akses maka kalian diminta untuk mengizinkan lokasi. Jika kalian tidak menyalakan GPS/Tidak mengizinkan lokasi, maka unique ID tidak akan muncul.

Setelah lokasi diizinkan, maka unique ID akan muncul dan dapat disalin. untuk menuju ke Google Form yang sudah dibuat maka klik Mulai. Akan terbuka tab baru yang mengarah ke Formulir kita dan disitu kita bisa mengisi dan memasukkan unique ID.

Unique ID muncul dan dapat di salin.
Paste Unique Id ke dalam isian.

Maka hasil respon yang ada dalam spreadsheet akan seperti ini.

Hasil Responses Form
Hasil IP dan Lokasi Responder pada sheet “Info Responder”

Perlu diingat, link yang dibagikan adalah link yang didapat dari Google Script Editor tadi ya, kalian juga bisa menggunakan shortlink seperti bitly. Karena jika yang dibagikan adalah link Google Form, maka Responder tidak akan mendapat unique ID.

Nah itu tadi tutorial Cara mendapatkan IP Addres dan lokasi Responder Google Form. Bagaimana? Susah? Jika kalian masih bingung silakan tulis di komentar, atau jika kalian punya cara yang lebih mudah juga bisa ditulis dikomentar yaa! Salam…

69 komentar.

  1. Terima kasih banyak sudah berhasil. Hanya saja mohon bagaimana caranya supaya unique ID langsung masuk ke gform tanpa copypaste gitu… ke-2, banyak juga yang hanya buka sampai di unique ID tapi nggak diterusin ke Google Form. Akibatnya susah mencari tahu siapa yang tadi sudah klik link
    Apa ya solusinya….

    1. Terimakasih infonya.
      Bisa minta dibimbing husus saudara, ke wtulan saya ada riset tentang zonasi sekolah yang melibatkan siswa sebagai responden, kebutuhan saya terhadap responden adalah alamat dan koordinat lokasi tempat tinggal siswa, pertanyaan saya adalah, bisakah google maps saya buatkan husus terintegrasi dengan google form dalam satu quis?

  2. Bang mau nanya dong kalau caranya mengetahui IP Address tapi gformnya udah kebuat duluan dan ga pake google script editor sebelumnya apakah bisa?

  3. Bang, berarti kalau misal kita isi google form/ kita sebagai responder lokasi kita bisa terdeteksi, dimana kita mengisi google form tsb?? Terimakasih

  4. Selamat Pagi mas, saya sudah mencoba dan berhasil… tapi saya mau menanyakan.. apakah bisa unique ID nya dibuat sebagai otorisasi? jadi kalo unique ID salah ga bisa submit… karena saya coba isi asal-asalan unique idnya tetep bisa jalan…. Terima kasih ….

  5. kalau pakai perangkat lain dengan provider yang sama, apakah terdetek sama juga ipnya? Saya coba pertama pakai laptop terdetek, yang kedua pakai hp masih sama hasilnya. Apakah itu artinya terdetek sama atau malah tidak terdeteksi?

  6. mas saya sudah berhasil dan mau bertanya:
    1. apakah bisa di info responder menambahkan jam juga?
    2. apakah bisa melacak email yang digunakan responder?
    3. pada browser hp mode normal muncul tulisan “sorry, unable to open the file at this time.” tetapi pada mode penyamaran/incognito bisa lancar. itu kenapa ya?
    terimakasih banyak

    1. 1. Bisa mas, tp perlu pemahaman buat edit code nya
      2. Masih saya cari caranya mas
      3. Wahh mungkin nanti saya cek lagi mas, biasa nya ga ada gitu

  7. mas, cara melihat ip address responden yang sudah mengisi form bagaimana caranya? saya sudah mencoba cara mas diatas yang ada hanya responden baru, tapi responden lama tidak terdetect ip addressnya, terima kasih mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *